Waktu Bersama dengan Anak, Mengapa Penting?

Waktu Bersama bukan berarti bersama-sama ada dalam satu area, karena seringkali kita bersama dengan anak tetapi tidak benar-benar bersama dengan anak kita seperti contohnya: menonton youtube bersama atau sibuk dengan pekerjaannya masing-masing dalam satu ruangan yang sama. Kita asik masing-masing tetapi dengan interaksi yang minim. Waktu Bersama adalah dalam satu waktu yang sama, kita dengan anak melakukan interaksi dua arah yang optimal, adanya komunikasi yang terjalin, adanya sentuhan, dan adanya situasi yang rileks dan menyenangkan; contohnya seperti makan bersama, bermain peran bersama, atau jalan-jalan rekreasi.

Waktu Bersama akan membantu anak dalam membentuk persepsinya terhadap dunia yang sedang dihadapinya saat ini dan yang akan datang. Melalui cara kita memperlakukan anak kita, demikianlah ia akan menganggap dunia akan memperlakukan dirinya. Cara kita menyelesaikan masalah kita akan dilihat oleh anak, diserap oleh anak, dan kemungkinan besar akan menjadi cara dirinya dalam menyelesaikan masalahnya.

Melalui Waktu Bersama, kita juga akan menumbuhkan empati dan melatih kemampuan sosialnya, dimana di dalamnya ada banyak pembelajaran seperti mengenal berbagai macam emosi, mengelola emosi, mengetahui aturan yang diterapkan di keluarga. Anak akan belajar nilai-nilai dan prinsip orangtua dari keluarga. Karakter-karakter positif kita akan turun kepada anak jika kita cukup meluangkan waktu bersama bagi anak-anak kita.

Waktu bersama kita sangat penting bagi anak kita dalam memahami dirinya dan mencari tahu apa tujuannya ia dilahirkan. Apakah ia mengetahui dan menyadari bahwa ia dilahirkan dalam kondisi dicintai? Apakah ia dipercaya untuk menjadi besar dan mengambil tantangan-tantangan dalam hidup ini? Hal-hal ini diketahui dari waktu yang dihabiskan bersama dengan kita, orangtuanya.

Sudahkah Anda memiliki waktu bersama dengan anak Anda? 🙂

 

1 Response

Leave a Reply